Kamis, Desember 8, 2022

Samsung Kuasai Pasar Ponsel Pintar Indonesia Q1 2022

Techbiz.id – Setelah berjuang selama dua tahun setengah, berdasarkan data pengiriman yang dirilis International Data Corporation (IDC), Samsung berhasil mencapai posisi teratas di pasar ponsel pintar Indonesia pada Q1 2022

Menurut IDC, keberhasilan Samsung ini berkat beberapa model kunci yang dirilis ke pasar smartphone Indonesia seperti seri andalan Galaxy S22 dan model Galaxy A03, bersama dengan penyegaran seri A lainnya.

Seri Galaxy A53 5G, A52s 5G, dan S22 yang baru dirilis disebutkan oleh IDC telah mampu mendorong pangsa pasar produsen smartphone asal Korea ini di segmen 5G hingga 40%.

Sementara itu, OPPO mengambil posisi kedua di kuartal ini dengan A95 dan A76 sebagai driver terbesar mereka. Kedua model, bersama dengan model kelas menengah baru yang dirilis pada 1Q22, berhasil menumbuhkan segmen menengah OPPO (USD200–USD400) sebesar 67% QoQ.

Pengiriman 5G, terbatas pada seri Reno dan Find X, meningkat 56% QoQ. Namun, pangsa OPPO di segmen 5G jauh lebih rendah yaitu 3,7% di 1Q22 dibandingkan dengan 26,4% di 1Q21 karena vendor lain telah memperluas portofolio 5G mereka di kuartal ini.

Baca juga:

Sedangkan vivo menduduki peringkat ketiga di 1Q22. Y15s dan Y21-nya adalah pendorong terbesarnya. vivo dapat terus mengembangkan segmen kelas menengahnya karena Y33s dan V23e terus menjadi yang terdepan bersama dengan dukungan model Y75 dan V23 yang baru dirilis.

Pangsa segmen ultralow-end (di bawah USD100) menurun secara signifikan karena vivo mengurangi pengiriman Y1 di 1Q22. Ini merilis lebih banyak model 5G kelas menengah di 1Q22, menggandakan pengiriman 5G QoQ.

Xiaomi mempertahankan posisi keempat pada kuartal ini meskipun mengalami kesulitan pasokan selama dua bulan pertama kuartal tersebut. Seiring dengan peningkatan pasokan di bulan Maret, Xiaomi mampu meningkatkan pangsa segmen kelas bawah (USD100–USD200) dan kelas menengah secara signifikan.

Pengiriman 5G Xiaomi juga mengalami peningkatan tajam dengan bantuan seri Redmi 11 Note dan Poco M4 Pro yang baru dirilis, membantu Xiaomi mempertahankan posisinya sebagai pemain terbesar kedua di segmen smartphone 5G.

realme mempertahankan posisi kelima di 1Q22. Setelah membangun sistem distribusi yang baru direformasi, realme merilis beberapa model utama. Seri realme 9 Pro+ yang baru dirilis membantunya menumbuhkan segmen kelas menengah dan pengiriman 5G secara signifikan.

realme juga merilis GT2 Pro, yang menjadi perangkat high-end pertamanya. segmen low-end realme tetap kuat, dengan C25Y dan C21Y sebagai kontributor utama bersama dengan model yang baru dirilis.

Terkait

Artikel Terkait

Saham GoTo Anjlok Terus, Telkom Tidak Fokus Capital Gain

Techbiz.id - Menanggapi terus menurinnya harga saham GoTo, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah ikut menanggapi mengenai nasib investasi Telkomsel...